Pages

December 15, 2010

Alat Ukur Tangki

Tadi pagi saya melakukan kegiatan monitoring rutin ke sebuah anak perusahaan tempat saya bekerja. Bersama beberapa teman kami meninjau proyek fasilitas produksi berupa penyewaan 2 unit tangki minyak masing-masing dengan kapasitas 5000 Barel yang disewakan kepada Pertamina EP di Pondok Tengah Bekasi. Sebetulnya monitoring yang dilakukan lebih terkait progres proyek, perolehan revenue bulanan, dll, tapi seketika itu juga saat mendapatkan kata "TANGKI" dan "PERTAMINA" di benak saya, tiba-tiba teringat pesanan pekerjaan teman setahun yang lalu.

----------
Sahabat lama menelepon, dia meminta bantuan terkait pekerjaannya sebagai seorang pegawai LIPI di luar kota. Ada tools yang harus dia buat katanya yakni Software pengukur volume minyak dalam sebuah tangki. Requestnya berasal dari industri menengah pemilik (truk) tangki pengangkut minyak. Tangkimeter ini harus bisa menginformasikan volume minyak, saat tangki tersebut penuh, setengah penuh, dan untuk berbagai tingkat ke-penuh-an lainnya, alias untuk berbagai tingkat ketinggian minyak bila diukur dari dasar tangki.
Harapan si pemilik tangki sebenarnya sederhana saja. Dia bisa tahu berapa volume minyak tersisa dalam tangki yang dimiliki dengan cara memasukan sebuah tongkat mistar ke dalam tangki tersebut. Jika ketinggian minyak yang tertera pada tongkat mistar tertulis 1 atau 2 meter misalnya, maka alat ukur tangki tersebut dapat membaca berapa liter kah volume minyak tersisa. Itulah ide dasarnya. Dengan catatan tangki yang akan diukur ini ada pada posisi landscape, layaknya truk-truk pertamina pengangkut bensin atau solar. Dan secara khusus untuk 3 bentuk tangki dengan berbagai ukuran. Tangki pertama berbentuk tabung dengan sisi-sisinya berupa alas elips, tangki kedua berbentuk setengah kapsul, dan tangki ketiga berbentuk kapsul sempurna (layaknya pil obat).

"Mungkin kamu bisa bantu?" katanya. Boleh jadi dianggapnya seorang lulusan Matematika harus bisa membuatkan sofware yang dimaksud.


Beberapa lama kemudian saya mulai menyentuh urusan pertangkian ini. Mencari inspirasi sana sini kepada master2 Matematika di kampus dulu, membongkar Google, sampai mengingat-ingat kembali materi kuliah: diferensial-integral. Sampailah saya pada kesimpulan kalau tools pengukur volume tangki dengan parameter ketinggian ini sebenarnya sederhana, bahkan untuk tangki tabung horizontal sudah banyak terunggah free aplikasi-nya di internet. 


Akhirnya, jadi juga pesananan yang diminta. Mengingat waktu, saya buat aplikasi sederhananya pada Excel dengan penampakan seperti pada gambar di bawah:Setelah dilakukan uji coba empiris dan dirasa ampuh untuk mengukur volume fluida (minyak, air, solar, atau apapun itu) di dalam 3 bentuk tangki, selesailah alat ukur volume tangki yang kemudian saya panggil TANKI-METER ini.

Teman saya cukup puas, karena mungkin produknya sudah sesuai dengan ekspektasi. Yang membuat saya kaget, ternyata urusan tanki-meter ini bukan urusan pertemanan atau 'terima kasih' saja, melainkan urusan barter pekerjaan dan uang. Mungkin karena yang mesan industri komersil.

Alhamdulillah... Besar atau kecil yang saya terima tidak menjadi ukuran.. Tapi saya catat betul2 kalau fee tangki ini jadi rejeki penghasilan sampingan pertama saya untuk dunia industri :D... apaan sih X_X !

--------------------------------------------------------------------------------------------------------


Setelah saya sounding tangkimeter di blog ini, ternyata cukup banyak pembaca yang menanyakan untuk keperluan yang sama. Karenanya bagi teman-teman lainnya yang membutuhkan tangkimeter, dapat mengunduhnya disini: http://search.4shared.com/q/CCAD/1/Tanki-meter atau menghubungi saya di allanpowerful@yahoo.com

[Notes: menerima dana pengembangan software, dapat dikirim ke BCA Cab.Dago No Rek: 777 071 8664 a.n. Allan M Taufik]



 

8 comments:

  1. Kak, numpang tanya. Tangkimeter ini, kalo untuk ngitung volume tangki yang bentuk alasnya lingkaran biasa bisa juga?
    Terus kalo boleh tau, rumus dasarnya apa? Integral?

    ReplyDelete
  2. Kak, numpang tanya. Tangkimeter ini, kalo untuk ngitung volume tangki yang bentuk alasnya lingkaran biasa bisa juga?
    Terus kalo boleh tau, rumus dasarnya apa? Integral?

    ReplyDelete
  3. please reupload, and thanks for your contribute for this matter, file not found

    ReplyDelete
  4. please reupload, and thanks for your contribute for this matter, file not found

    ReplyDelete
  5. bang boleh minta kontaknya ga ?
    soalnya yg abang bahas ini berhubungan banget sama tugas akhirku, yaa barangkali bisa bertukar pikiran gitu hehe ...
    bener bener sejalan sama yng abang omongin di atas.
    083838608083

    ReplyDelete
  6. tetrasembiring@rocketmail.comSeptember 28, 2014 at 11:30 PM

    bang reupload donk filenya :) terimakasih sebelumnya. Terus berkreasi

    ReplyDelete
  7. JANCOK RAIMU NGUNU AE DI PAMERNO (Kl Di Jual NGOMONGO COK)

    ReplyDelete

Kolom Komentar: